Loading...

Minggu, 10 Maret 2013

Diklat Assesor PKG

DIKLAT ASSESOR PKG UPPK PETARUKAN

       Petarukan,13-15 Sep 2012.Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan penilaian kinerja guru  yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. 
       Sistem penilaian kinerja guru adalah sebuah sistem pengelolaan kinerja berbasis guru yang didesain untuk mengevaluasi tingkatan kinerja guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja sekolah. Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, penilaian kinerja guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan dan penerapan kompetensinya.secara maksimal yang berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik. Ini merupakan bentuk penilaian yang sangat penting untuk mengukur kinerja guru dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai bentuk akuntabilitas sekolah.
       Dalam rangka menyikapi pelaksanaa penilaian kinerja guru yang akan diberlakukan pemerintah tersebut Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD di UPPK Petarukan Kabupaten Pemalang melakukan kerjasama dengan LPMP Jawa Tengah melaksanakan Diklat Assesor PKG. Kegiatan dilaksanakan  selama 3 hari dari hari Jumat-Minggu  di Aula UPPK Petarukan. Peseta terdiri dari Kepala SD sebanyak 30 orang berasal dari 2 pokja KKKS, yaitu KKKS Pokja 1 dan Pokja 2. Sumber dana blogrant PKG 2012.
Pelaksanaan diklat dibuka Kepala UPPK Petarukan dengan disaksikan oleh para Pengawas TK/SD. Tutornya berasal Pengurus KKKS yang telah didiklat Province Core Team (PCT) Assesor PKG oleh LPMP. hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar