Selasa, 05 Maret 2013

Jurnal Pembelajaran Menggunakan Pertanyaan Terstruktur


PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO BAHASA INDONESIA MELALUI PERTANYAAN TERSTRUKTUR PADA SISWA KELAS VI SD



ABSTRAK


Penelitian berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis  Naskah pidato Bahasa Indonesia Melalui Pertanyaan Terstruktur  Pada Siswa Kelas VI SD” ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato pada siswa kelas VI SD
Menulis merupakan kegiatan yang produktif dan ekspresif untuk mengungkapkan ide, pikiran, gagasan dan pengetahuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Proses pelaksanaan PTK melalui dua siklus tindakan, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualititatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato siswa kelas VI SD terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal 30% dengan nilai rata-rata 68,04 pada pra siklus menjadi ketuntasan belajar 65,2% dengan nilai rata-rata 79,13 pada siklus I dan menjadi ketuntasan belajar 91,3% dengan nilai rata-rata 84,78 pada siklus II" Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SD.

Kata kunci : Peningkatan belajar, kemampuan menulis naskah pidato ,
                     pertanyaan terstruktur



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar